Berbagi Pengalaman dalam Mempersiapkan HSK Level 4 dan Menulis Diary

IMG_1529[1]

Tulisan ini merupakan lanjutan dari tulisan gw sebelumnya yg berjudul Berbagi Pengalaman dalam Persiapan HSK Level 3.

Jadi ceritanya bulan September kemarin gw ambil HSK level 4.

Sarana belajar yg gw gunakan adalah sbb:

1. HSK textbook.
Ini buku yg ada di gambar di atas (buku yg sebelah kiri). Dulu ketika mempersiapkan HSK 3 juga gw pake buku ini. Menurut gw, buku ini cukup lengkap untuk belajar. Ada penjelasan tipe-tipe soal. Ada peringatan tentang hal-hal yang biasanya peserta sering salah. Ada latihan soal. Karena keterbatasan waktu, gw belum baca buku ini sampe abis, baru baca sekitar setengahnya.

2. Aplikasi iPhone yang berjudul HSK 4 Vocab List.
Aplikasi ini dibuat oleh On Demand World Ltd. Bentuknya adalah tabel 3 kolom yang terdiri dari bahasa Inggris, bahasa Mandarin, dan Pinyin. Ini berguna banget untuk menghafalkan kata-kata. Dulu gw sempat punya rencana untuk menghafalkan 5 kata per hari. Tapi nggak jadi. Hihihi….

Itulah persiapan gw ketika mengikuti HSK Level 4 pada bulan September kemarin.

Hasilnya udah keluar. Gw lulus dengan nilai pas-pasan banget. Total score-nya 300. Syarat lulusnya 60% yaitu 180. Nilai gw cuma 198, pas-pasan banget kan.

Gw juga merasa bahasa Mandarin gw beneran nggak cukup untuk hidup.

Di pabrik kalo dengar Kagayaku dan Madder ngomong pake bhs Mandarin, gw paling cuma nangkap setengahnya. Itu pun gw nggak bisa ikut serta dalam pembicaraan karena kosa kata gw beneran nggak keluar.

Trus gw coba beli buku berbahasa Mandarin (eh, gw bukan sengaja2 beli buku berbahasa Mandarin, tapi buku yg gw mau baca itu yang versi terjemahan bahasa Inggrisnya cuma bisa dibeli di Amrik, jd gw terpaksa beli yg versi bahasa Mandarin). Gw coba baca buku yg gw beli tsb. Beuhh… ampir tiap huruf gw harus buka kamus. Akhirnya tuh buku gw tinggalin ngejogrog di sudut kamar.

Cara lain yg gw lakukan untuk belajar bahasa Mandarin adalah nonton film atau dorama di Youtube. Kalo ada teks huruf kanjinya sih gw lumayan bisa nangkap ceritanya. Tapi kalo nggak ada teks huruf kanjinya, itu sama aja kayak ngedengerin Kagayaku dan Madder ngomong. Nggak ngerti. Hehehe… Trus kalo filmnya film jaman kerajaan (misalnya: Judge Bao), walaupun ada teksnya, gw tetap nggak ngerti. Bahasanya susah, bukan yg digunakan sehari-hari.

Dulu gw sempat sms-an ama Kagayaku pake bhs Mandarin. Busyet, dia ngetiknya cepat banget. Gw kan bacanya lambat. Jd gw masih baca kalimat pertama, udah muncul kalimat2 berikutnya. Trus gw mau balas tapi kosakata gw gak keluar, jd balasnya cuma 1-2 kata gitu. Akhirnya gw capek, jd gw balasnya pake bahasa Jepang.

Nah, minggu kemaren waktu gw jalan-jalan di Umeda (Osaka station), gw nemu buku cara menulis diary dalam bahasa Mandarin. Itu buku yg ada di foto di awal tulisan ini (buku yg sebelah kanan). Gw ingat tuh 8 tahun yg lalu waktu gw mau ngambil TOEFL iBT tahun 2006 gw sengaja nulis buku harian pake bahasa Inggris untuk persiapan TOEFL. Nah, kali ini pun untuk belajar bahasa Mandarin, gw memaksakan diri menulis buku harian dengan bahasa Mandarin.

Dan seperti yg sudah gw duga sebelumnya, diary gw jadi GARINK ABIEZZ… Berikut ini adalah diary gw selama 5 hari.

2014年11月4日 : 为了我们明天有会议,我今天做会议的准备。
(4 Nov 2014: Karena besok ada rapat, hari ini saya membuat persiapan untuk rapat.)

2014年11月5日 : 公司不让职工加班。
(5 Nov 2014: Tidak boleh lembur.)

2014年11月6日 : 我和朋友们要11月末去看红叶。嘻嘻。
(6 Nov 2014: Akhir November saya dan teman-teman akan pergi melihat daun merah. Hihi.)

2014年11月7日 : 我今天做研究的预算。
(7 Nov 2014: Hari ini saya menyusun anggaran untuk riset.)

2014年11月8日 : 周末没什么安排。休息休息。
(8 Nov 2014: Akhir pekan tidak ada acara apa-apa. Istirahat.)

Amit-amit deh diary gw parah banget. Gw bingung mau nulis apa soalnya. Ada beribu kata yang ingin gw tulis untuk menggambarkan perasaan gw. Tapi bahasa Mandarin gw nggak keluar. Jd cuma segitu aja yg bisa gw tulis. Hehehe…..

Btw, sejujurnya gw seringkali merasa putus asa sih dalam urusan belajar bahasa Mandarin ini. Rasanya udah lama bgt gw belajar tapi nggak bisa-bisa. Yah gw juga nggak muluk-muluk pengen ampe native level. Bagi gw, asal bisa untuk kehidupan sehari-hari, bisa untuk kerja, bisa untuk ngajarin anak2 gw nanti, itu udah cukup.

Nah, rencana gw selanjutnya adalah ambil HSK Level 4 lagi tanggal 28 Maret 2015. Kali ini gw juga sekalian ambil HSK Speaking yang Intermediate Level. Masih ada sekitar 4 bulan lagi. Semangat! o(^_^)o

7 thoughts on “Berbagi Pengalaman dalam Mempersiapkan HSK Level 4 dan Menulis Diary

  1. ni hao!
    wahaha, maaf nih nimbrung,
    aku baru aja mau nyoba2 ngambil test HSK dan ketemu blog ini! well, basicly mandarin ku sih tergolong (poor)basic (LOL), intonasi nada mencar kemana2 hahah.

    jadi HSK itu ujiannya perlevel ya? apa sblmnya tes level 1 dulu kemudian 2 dan seterusnya?
    ada info ujian HSK diindonesia?

    xie xie 🙂

  2. Maaf, saya mau sharing saja, dengan pengalaman saya. Saya mahasiswa Confucius institute hasanuddin university, makassar. Awalnya saya join di Confucius institute unhas, ingin belajar bahasa mandarin lebih dalam lagi. Saya
    belajar selama 6 bulan, kemudian ikut test hsk 2, tetapi jam belajar saya dikelas saya melebihi 180 jam, jadi saya lulus beasiswa Confucius institute China ke yangzhou university,jiangsu china. Disana saya belajar bahasa mandarin selama 1 tahun. Full beasiswa 1700yuan + astrama gratis. Diakhir masa kuliah saya ujian hsk level 5, free. Jika anda berminat silahkan gabung ke pusat bahasa mandarin unhas, makassar. Peluang beasiswa ke china sangat besar disana. Silahkan cari juga di fb. Saya sebelum berangkat ke china tidak biaa sama sekali speak Chinese tetapi begitu pulang dari sana, saya sudah bisa speak untuk percakapan sehari. Saat disanapun, saya berbicara mandarin dengan laoshi laoshi saya, dan teman teman sekelas saya dari berbagai dunia. 我们一起学习,有努力有辛苦的但是学中文精神。希望我们的汉语越来越好。

  3. zao shang hao.
    salam kenal.
    Setau saya hsk memang perlevel.
    Di Indonesia ada tes hsk. biasanya tes dilaksanakan setiap bulan maret & september (kalau tidak salah). Pendaftaran HSK biasanya di buka sebulan sebelumnya.
    Sekedar info, kalau di Surabaya kita bisa daftar HSK di Universitas Petra Jurusan Tionghoa.
    Dan saya akan mengikuti tes HSK di bulan Maret 2016. Semoga bisa lulus dg nilai yg baik..
    Terima kasih ^_^

  4. Hi, Saya mau tanya. Saya sangat tertarik utk belajr bahsa Mandarin tapi saya tidak ada basic sama sekali. Menurut kalian , misalkan saya lasung ke China dan belajar intensif disana kira2 saya bisa mencapa HSK 4 gk? Terima kasih , Dewi.

  5. @dewisade akan jauh lebih cepat belajarnya kalau di China, karena mau tidak mau kita harus berkomunikasi dengan mandarin, hehe

    Untuk level HSK, itu tergantung kepada kemampuan yang sudah dikuasai, jadi tempat tidak menjadi faktor utama. Namun kalau memang intensif belajar disana, saya rasa bisa2 saja HSK 4 dicapai

  6. g sharing dikit yah.. g rasa ntn film drama china sgt membantu terutama utk listening, plg ngga bakal menagkap dikit kata2 baru. g ud lulus hsk 4 dgn score 260 (terbantu berkat nilai listening yg tnggi), rencana oktober nanti maj ikt hsk5. kalo bs pilih filmny yg kehidupan sehari hari (jgn zaman kerajaan), soalny tata bhasa zaman kerjaan kaku n ngga kek zaman skrg..

  7. numpang tanya kak,, ujian HSK itu diikuti ketika kita msh berskolah (SMK) atau wajib udh lulus ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s