Obat-obatan Standar untuk Kotak P3K di Rumah

IMG_1527[1]

Selama 7 tahun gw tinggal di Jepang, isi kotak P3K gw cuma obat-obat Indonesia.

Trus beberapa bulan yang lalu gw dapet jatah 1500 yen dari tempat gw kerja untuk dibelikan obat. Nah 1500 yen itu pas banget dengan harga 1 set obat keluarga seperti pada gambar di atas. Maka gw berencana untuk mulai pake obat Jepang. Gw pake jatah gw untuk beli 1 set obat-obatan tersebut. [Btw kalo beli di toko obat, harganya bukan 1500 yen, ini karena ada tunjangan aja jadi bisa dapet 1500 yen.]

Satu set obat keluarga itu terdiri dari:
1.新ルルエース→ Untuk demam dan pilek. Mungkin kayak Panadol atau Decolgen gitu kali ya.
2.オロナイン→ Ini salep untuk jerawat atau luka bakar ringan.
3.新カットバンA→ Ini plester kayak Tensoplas gitu lah.
4.バファリンA→ Ini untuk pereda rasa sakit. Mungkin kayak Saridon gitu kali.
5.龍角散ダイレクトトローチ(マンゴー)→ Ini permen untuk sakit tenggorokan.
6.サロンパスA→ Ini koyo.
7.パンシロン→ Ini obat sakit perut.
8.ロートOA→ Ini obat tetes mata.

Nah, minggu kemaren gw camping dengan Mitsumori, Kagayaku, Impeller, dan teman-teman lainnya. Untuk P3K, gw bawa tuh segambreng obat-obatan yg gw tulis di atas. Ceritanya gw udah siap gitu kalo tiba-tiba ada yg sakit atau luka di acara camping.

Eh, pas mau berangkat, berasa nggak pede nih dengan kotak P3K yg isinya kayak gini. Jd gw tambahin Tolak Angin, Decolgen, Betadine, dan termometer. Hihihi….. Akhirnya kotak P3K yg dibawa ke tempat camping jadinya kayak gambar di bawah ini.

IMG_1531[1]

Ternyata Mitsumori kena flu. Gw kasih dia Tolak Angin dan Decolgen. Jiaahhh… ceritanya mau mulai pake obat-obatan Jepang, ternyata pas ada teman sakit, tetap aja lebih pede ngasih obat Indonesia. Hehehe…. Padahal kalo niat, gw sebenernya bisa aja nanya ke Kagayaku tentang obat-obat Jepang yang gw bawa itu, kan pasti dia ada pengalaman dengan obat-obatan Jepang atau at least minta dibacain lah tulisan di bungkus obatnya. Yah emang gw-nya aja yang merasa lebih aman pake obat Indonesia.  😀

Sekian kisah gw tentang kotak P3K.

One thought on “Obat-obatan Standar untuk Kotak P3K di Rumah

  1. Saya tidak sengaja menemukan blog ini ketika lagi surfing info mengenai vihara di jakarta hehe.. Blog ini sangat menginspiratif saya, aplagi sy yg hobi bgt dgn yg berbau Jepang dmn ad rencana ke dpn untuk lnjut kuliah di sana. Anyway, blog ini sudah tidak akan diupdate lgi kedpnnya?:(

Leave a Reply

